Kamis, 13 Desember 2012


Untuk mengetahui olahraga yang mampu meredakan stres dr. Cedric menganjurkan tiga jenis
olahraga yaitu:

1. Aerobik.

Cukup dilakukan 30 menit saja secara rutin sebanyak 5 atau 7 kali selama seminggu. Aerobik
mampu memberikan dampak baik untuk aktifitas keseharian seseorang seperti memilik
perasaan positif dalam menjalani aktifitas kerja sehari penuh, tanpa harus tertekan dengan
beban yang akan menimbulkan stres.

2. Yoga 

Dalam olahrga ini seseorang lebih ditekankan kepada keselarasan antara olahraga untuk fisik dan fokus pikiran. Studi terbaru menunjukkan bahwa ketika otot besar digunakan secara berulang-ulang untuk berkontraksi lalu diistirahatkan, sistem neurotransmiter dalam otak akan menerima suatu sinyal yang akan memerintah tubuh anda untuk merasakan lebih santai.

3. Olahraga yang bersifat rekreasi

Mainlah tenis, bulutangkis, bola voli atau sepakbola karena jenis olahraga itu selain tidak menggunakan tenaga terlalu berat, tapi juga tidak merangsang naiknya andrenalin atau hormon lain yang akan menyebabkan stres. Setelah melakukan olahraga tersebut,secara klinis dapat terukur bahwa dengan rendahnya hormon adrenalin mengakibatkan penurunan suatu tungkah laku hiperaktif dan gelisah. Agar lebih efektif, sebaiknya jangan melakukan olahraga dekat dengan ruang lingkup kantor. Meski kantor anda memiliki fasilitas olahraga, kadang saat anda berolahraga di kantor, anda akan bertemu dengan rekan kerja, maka anda dimungkinkan masih terpikir kembali permasalahan pekerjaan di kantor.

Berolahragalah di luar kantor, karena tempat yang terbaik untuk menghilangkan stres dari berbagai persoalan adalah di luar kantor. Selain itu, yang jug perlu diperhatikan adalah nutrisi anda. Komsumsilah secara berimbang antara karbohidrat, protein dan lemak. Komponen tersebut dapat berkontribusi besar terhadap perkembangan massa otot karena karbohidrat adalah sumber energi/tenaga untuk melakukan berbagai aktifitas atau latihan. Sedangkan protein bertugas membangun kembali jaringan-jaringan dalam tubuh seperti otot yang rusak diakrenakan aktifitas atau latihan. Dan lemak mengambil peran dalam pendistribusian gizi di
dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar