Senin, 13 Februari 2012

24 Pemain Basket Muda Indonesia Digembleng di Amerika

Sebanyak 24 pebasket muda Indonesia akan berangkat ke Seattle, Amerika Serikat, pada bulan Oktober mendatang. Acara ini dikhususkan untuk studi tanding dan latihan dengan tim di negeri tersebut. Nama-nama para pebasket itu diumumkan pada Kamis 28 Juli 2011 malam di Atrium DBL Arena oleh NBL Indonesia dan PT DBL Indonesia. Dari para pebasket yang diberangkatkan, dua nama terpilih menjadi MVP, yaitu Jan Misael Panagan dari SMAN 9 Bandung dan Felicia Clarissa yang berasal dari SMA St Aloysius Bandung.
Koordinator Pelatih NBL Australia Mick Downer mengatakan bahwa dirinya sangat puas dengan hasil pemilihan tersebut. Bagi dia, mereka adalah para pemain terbaik dari 200 lebih campers lainnya yang ikut berpartisipasi.
“Tentu, ini sangat berat. Kami harus mempertimbangkan banyak faktor. Mulai fisik, kemampuan individu, hingga bagaimana pemain yang bersangkutan bisa masuk pola tim. Tetapi, saya puas pada hasil akhir camp ini,” ucap Cairns Taipans yang saat ini menjabat sebagai asisten pelatih tim NBL Australia.
Bagi Misael, tujuan utamanya adalah bukan mengejar gelar MVP. “Ini hanya bonus. Terpenting di DBL Camp ini saya bisa menambah ilmu basket saya. Pelatih dari Australia sudah memberikan banyak hal,”.  Dia pernah menjadi bagian dari tim DBL Indonesia Selection yang tahun lalu berhasil meraih gelar internasional di Malaysia.
Sementara itu, Felicia menganggap semua ini sebagai kejutan yang indah. Dia berjanji untuk bermain maksimal dan memanfaatkan kesempatan yang diberikan semaksimal mungkin. “Saya akan bekerja keras. Memperbaiki kemampuan akurasi shooting, visi bermain, dan sebagainya. Saya memang pernah ke Amerika sebelumnya. Tetapi, ini berbeda. Sangat berkesan. Saya ingin mendapat pengalaman sebanyak-banyaknya,” ujar Felicia bersungguh-sungguh.
Azrul Ananda, Commissioner DBL, menjelaskan bahwa DBL Camp tahun ini terasa lebih kompetitif daripada tahun atau seri sebelumnya. Menurutnya, di setiap seri yang digelar, perwakilan Jawa Barat selalu konsisten memiliki pemain yang menonjol dan berpotensi.
“Jawa Barat tetap menjadi benchmark bagi bola basket Indonesia. Namun, tahun ini kualitasnya lebih rata. Tahun lalu ada yang lebih menonjol dan pasti terpilih. Tetapi, sekarang lebih berat untuk memilih 12 yang pergi ke Amerika Serikat. Semoga yang kami hasilkan ini adalah yang betul-betul layak,” kata Azrul menambahkan.
Berikut 12 nama pemain putra yang terpilih:
  1. Dicky Riansyah    SMAN 1 Sekayu, Sumsel
  2. Diaz Hannif I    SMAN 2 Bogor
  3. Marius Bernadus Mabur    SMAN 1 Merauke
  4. Jimmy Renata Lie    SMA Karangturi Semarang
  5. Raymond Permata    SMK PIKA Semarang
  6. Mario Septian    SMA St Louis 1 Surabaya
  7. Jan Misael Panagan    SMAN 9 Bandung
  8. Cassiopea Manuputty    UPH College Kab. Tangerang
  9. Bisma Aristya L Tobing    SMA PSKD I Jakarta
  10. Laurentius Steven    SMA St Louis 1 Surabaya
  11. Willyz Brastagi M    SMAN 7 Bogor
  12. Juan Laurent K    SMA Trinitas Bandung
Pelatih putra
  1. Koo Sri Padma    SMA St Louis 1 Surabaya
  2. Aditya Krisnha    SMA Satya Wacana Salatiga
Berikut 12 nama pemain putri yang terpilih:
  1. Angeline    SMA Methodist 2 Medan
  2. Felicia Clarissa    SMA St Aloysius Bandung
  3. Kadek Pratita Citta Dewi    SMAN 1 Denpasar
  4. Michelle Nathania Fenhan    SMA Gloria Surabaya
  5. Olivia Claudia Hadinata    SMA Soverdi Tuban
  6. Ingrid Tri R    SMAN 1 Baleendah
  7. Agustin Elya Gradita    SMAN 1 Sekayu Sumsel
  8. Lophy Mora    SMA Karangturi Semarang
  9. Ida Ayu Komang Widiastiti    SMAN 1 Denpasar
  10. Ni Gusti Ayu Ketut Putri A    SMA Soverdi Tuban
  11. Atrillia    SMA Strada Thomas Aquino Tangerang
  12. Susilawati    SMAN 5 Karawang
Pelatih putri
  1. Xaverius Wiwit    SMA Kr Tri Tunggal Semarang
  2. Tedi    SMAN 5 Karawang

5 komentar: